Anti Burn Out! dengan Keseimbangan Kehidupan Kerja (Work Life Balance)

Halo labmate!

Tuntutan pekerjaan yang semakin meningkat memungkinkan karyawan untuk bekerja cukup keras untuk mencapai target yang optimal.

Kurangnya waktu yang berkualitas untuk diri sendiri dan keluarga menyebabkan karyawan mudah lelah, kurangnya motivasi dalam bekerja hingga berujung pada depresi akibat stres yang tinggi di tempat kerja.

Mari berkenalan dengan konsep keseimbangan kehidupan kerja agar mampu bekerja lebih bahagia?

Apa Itu Keseimbangan Kehidupan Kerja

Keseimbangan kehidupan kerja atau yang kerap disebut Work-life balance adalah istilah yang mengacu pada kondisi di mana seseorang dapat mengimbangi waktu dan energi yang mereka habiskan di tempat kerja dengan waktu dan energi yang mereka habiskan untuk kehidupan pribadi mereka, seperti keluarga, hobi, dan kesehatan. Tujuannya adalah untuk mencapai kebahagiaan dan keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan kehidupan, serta mengurangi stres dan risiko burnout.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Labour Organization (ILO) pada tahun 2017, work-life balance adalah hal yang sangat penting bagi karyawan untuk merasa bahagia, sehat, dan produktif. Studi tersebut menemukan bahwa karyawan yang memiliki work-life balance yang baik cenderung memiliki produktivitas yang lebih tinggi, lebih sehat secara fisik dan mental, serta lebih puas dengan pekerjaan mereka.

Mencapai keseimbangan kehidupan kerja berarti lebih banyak waktu untuk merawat diri, berolahraga, dan mengisi tubuh dengan nutrisi yang tepat.

Pendapat lain yang menarik datang dari Forbes, sebuah majalah bisnis terkemuka di dunia. Dalam artikel yang dipublikasikan pada tahun 2018, Forbes menyoroti pentingnya work-life balance bagi karyawan di era digital saat ini. Menurut artikel tersebut, teknologi yang semakin canggih dan selalu terhubung membuat pekerjaan dapat terus dilakukan di luar jam kerja, yang dapat mengganggu waktu dan energi yang seharusnya dihabiskan untuk kehidupan pribadi. Oleh karena itu, work-life balance menjadi semakin penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik karyawan, serta meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.

Menurut Business News Daily Perusahaan yang berkomitmen menyediakan lingkungan yang mendukung keseimbangan kehidupan kerja bagi karyawannya dapat menghemat biaya, meningkatkan produktivitas dan performa kerja karyawan serta mengurangi turn off karyawan.

Manfaat Keseimbangan Kehidupan Kerja

Selain untuk mencapai kesetaraan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan, work life balance sendiri memiliki berbagai manfaat : 

  1. Mengurangi stress dalam bekerja

Karyawan yang bekerja di lingkungan yang lebih bahagia dan tidak mengalami kejenuhan secara signifikan lebih sedikit mengalami stres. 

  1. Meningkatkan produktifitas & performa karyawan

Studi menunjukkan, karyawan dengan work-life balance 21% lebih produktif daripada orang dengan work-life balance yang buruk. Mereka dapat bekerja dengan pikiran terbuka karena memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

  1. Lingkungan kerja yang positif 

Keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik juga berarti karyawan memiliki waktu untuk bersosialisasi satu sama lain, sehingga menciptakan bonding antar karyawan untuk mampu tim yang baik dalam mencapai tujuan perushaan. 

Tips Mewujudkan Keseimbangan Kehidupan Kerja

Berikut adalah beberapa tips untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja:

  1. Tetapkan Prioritas.
    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menetapkan prioritas. Tentukan apa yang paling penting dalam hidup Anda. Misalnya, apakah itu keluarga, kesehatan, atau karir. Dengan menetapkan prioritas, Anda dapat menentukan di mana Anda harus menghabiskan waktu dan energi Anda.
  2. Buat Jadwal yang Teratur.
    Setelah menetapkan prioritas, buat jadwal yang teratur. Jadwal ini harus mencakup waktu untuk pekerjaan, keluarga, hobi, dan kegiatan lainnya. Dengan memiliki jadwal yang teratur, Anda dapat menyeimbangkan waktu Anda dengan lebih baik dan menghindari kelelahan dan kelebihan bekerja.
  3. Belahar untuk Mengatakan “Tidak”
    Terkadang, kita merasa sulit untuk menolak permintaan atau tawaran yang datang dari orang lain, terutama dari rekan kerja atau atasan. Namun, belajar mengatakan “tidak” adalah hal yang penting untuk mencapai work life balance. Jangan terlalu banyak membebani diri sendiri dengan tugas atau proyek yang terlalu banyak. Sebaliknya, fokus pada tugas yang paling penting dan yang membutuhkan perhatian Anda.
  4. Gunakan Waktu Luang dengan Bijak
    Memanfaatkan waktu luang dengan baik juga dapat membantu mencapai work life balance. Gunakan waktu luang Anda untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan santai. Misalnya, membaca buku, berolahraga, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan keluarga atau teman.
  5. Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah
    Membawa pekerjaan ke rumah dapat mengganggu waktu Anda bersama keluarga atau waktu Anda sendiri. Cobalah untuk menyelesaikan semua tugas pekerjaan sebelum meninggalkan kantor dan hindari membuka email pekerjaan di rumah. Dengan cara ini, Anda dapat fokus pada kehidupan pribadi Anda dan memiliki waktu yang berkualitas untuk bersantai dan menikmati hidup.
  6. Istirahat yang Cukup
    Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam mencapai work life balance. Pastikan Anda tidur yang cukup dan mengambil istirahat yang cukup antara aktivitas sehari-hari Anda. Dengan cara ini, Anda.

Ingatlah bahwa keseimbangan kehidupan kerja sulit dicapai tanpa campur tangan manajemen dalam menciptakan sistem kerja yang efektif dan efisien bagi karyawan, seperti mengelola berbagai dokumen secara secara digital menggunakan cloud komputing, atau melakukan otomatisasi berbagai sumber daya perushaan dengan sistem yang terintegrasi seperti penggunaan software ERP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*