GELIS Sebagai Solusi Yang Komprehensif Bagi Permasalahan Laboratorium

Hai, Labmate.

Seperti yang kita semua ketahui, dunia industri sudah masuk pada era industri 4.0 yang mana di hampir semua lini sudah menerapkan sistem yang terintegrasi dengan internet. Era digital kini menghadirkan banyak fitur yang memudahkan fungsi kerja manusia menjadi lebih efektif dan efisien, baik dari aspek waktu, tenaga, dan biaya.

Tidak lepas dari kebutuhan laboratorium, ternyata masih terdapat beberapa laboratorium aktif yang menggunakan cara konvensional untuk melakukan berbagai analisis atau pengujian  yang mana sebetulnya proses digitalisasi dibutuhkan di era kini.  

Konsekuensi dari industri 4.0 dan digitalisasi akan mampu meng-akselerasi berbagai proyek pembangunan. Tentunya harus tetap aman bagi dampak lingkungan. 

Dalam hal ini, khususnya laboratorium lingkungan yang berfokus pada pengujian parameter kualitas lingkungan dan pengambilan contoh uji yang sesuai peraturan yang berlaku. Terjadinya perubahan iklim dunia menjadikan adanya tuntutan industri laboratorium yang semakin kompleks dan semakin banyak jumlah sampel yang akan diuji. Laboratorium lingkungan berperan strategis dalam mensukseskan pembangunan tersebut. Pengujian yang akurat, cepat dan murah semakin menjadi tuntutan kepada laboratorium lingkungan.

Gelis Sebagai Solusi Komprehensif Laboratorium

Gelis adalah sebuah perangkat lunak dengan sistem manajemen informasi laboratorium yang dikembangkan oleh PT. YUCORE INTEGRASI INDONESIA.

Software yang telah dikembangkan sejak tahun 2017 ini dirancang untuk melayani laboratorium di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk mentransformasi proses bisnis dan sistem informasi di laboratorium dari cara konvensional menjadi terdigitalisasi.

Sistem Pendukung ISO/IEC 17025 : 2017

Akreditasi laboratorium memberikan pengakuan formal terhadap kompetensi laboratorium, dengan demikian dapat memberikan cara yang mudah bagi customer untuk memilih laboratorium penguji atau kalibrasi yang mampu dipercaya. Untuk mencapai keseragaman hasil Analisa antar laboratorium dibutuhkan suatu standar yang bersifat internasional dalam cakupan sistem mutu dan implementasi teknis yang baik. Salah satunya dengan menerapkan standar ISO 17025 : 2017

GELIS sangat bisa diandalkan karena secara komprehensif mensupport  IEC / ISO 17025 : 2017 untuk tetap patuh antara laboratorium kepada regulasi dan standar internasional, juga untuk memastikan proses perekaman data di laboratorium dapat dilakukan secara konsisten, terintegrasi, efisien, dan transparan.

Bagaimana Sistem GELIS Bekerja?

Fungsi dari GELIS bagi laboratorium sebenarnya sama, yaitu menginput, melacak, merekam proses, dan melaporkan pengujian sampel dan data saintifik lainnya secara terstruktur dan konsisten. Namun yang menjadi pembeda dalam hal ini adalah penyimpanan seluruh data laboratorium ke dalam Cloud Server, sehingga laboratorium dapat terus mengakses dan melacak data-data tersebut meski bertahun-tahun setelah proses input terjadi tanpa perlu repot membuka folder atau lemari penyimpan data-data yang masih berbentuk dokumen kertas.

Keunggulan Yang Ditawarkan GELIS

  • Business Process Modification

GELIS mampu mengkombinasikan antara kepatuhan pada ISO 17025 : 2017 dengan fleksibilitas dan adaptif terhadap proses bisnis di laboratorium.

  • Instrument Integration

Kualitas data dan dokumentasi dapat ditingkatkan dengan integrasi antara instrument laboratorium dengan sistem informasi GELIS. Sehingga hasil pembacaan atau data sampel lainnya dari instrumen dapat langsung diinput ke dalam sistem untuk kemudian dilanjutkan ke proses berikutnya.

  • Cross Devices (Mobile and Desktop)

Terdapat beragam proses bisnis yang harus dilakukan di luar laboratorium. Seperti layanan sampling yang dilakukan langsung di lokasi. Dalam proses ini, petugas sampling perlu menginput beberapa data secara langsung dari lokasi sampling diambil. GELIS yang menggunakan teknologi Cloud Based dapat digunakan dan diakses oleh beberapa perangkat sekaligus, mulai dari PC desktop, laptop, hingga smartphone.

  • Automasi Perhitungan

Hasil pengujian biasanya didapatkan melalui serangkaian perhitungan secara manual ataupun Spreadsheet Excel dengan menggunakan rumus tertentu. Akan tetapi GELIS dapat mengotomasi perhitungan, sehingga setiap data hasil pengukuran dapat langsung diolah di dalam sistem.

  • Traceability and Data Integration

Dengan penggunaan teknologi Cloud Server, menjadikan data yang tersimpan di dalam sistem GELIS dapat dilacak lebih mudah, karena GELIS menyusun data secara terstruktur dan terintegrasi. Sehingga mampu menjawab tantangan pertumbuhan laboratorium, mulai dari bertambahnya personel laboratorium, dan pertambahan volume sampel setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*