Peranan Penting Laboratorium Bagi Pelaku Usaha

Laboratorium lingkungan merupakan laboratorium yang melakukan pengujian serta penelitian berdasar tolak ukur atau kriteria fisika, kimia, dan biologi yang selaras dengan Undang-Undang yang berlaku dalam konteks kerja pengelolaan lingkungan. Secara definit, laboratorium harus memiliki sertifikat akreditasi laboratorium pengujian parameter lingkungan dan mempunyai identitas terdaftar, baik dari pemerintah maupun Lembaga Sertifikasi Internasional. Di dalam laboratorium juga terdapat penyedia jasa yang bergerak di bidang pengujian mutu yang wajib didukung oleh tenaga teknis yang kompeten dan berpengalaman.

Berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia No. 102 tahun 2000 tentang standardisasi nasional, Laboratorium yang menangani tentang pengawasan dan analisis lingkungan hidup harus memiliki sertifikasi dari Lembaga Komite Akreditasi Nasional. 

ISO / IEC 17025 yang merupakan edisi termutakhir tentang persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi, bermanfaat untuk menerapkan sistem mutu yang bertujuan meningkatkan kemampuan laboratorium secara konsisten agar menerbitkan hasil uji yang valid serta memiliki sistem manajemen mutu yang terdokumentasi, baik dalam aspek Persyaratan Manajemen serta Persyaratan Teknis.

Laboratorium lingkungan yang memenuhi standar pengujian mutu dapat menjadi salah satu parameter pemenuhan standar keamanan lingkungan bagi para pelaku usaha. Perusahaan – perusahaan yang berada dalam lingkup usaha yang beririsan dengan sumber daya alam dan lingkungan (seperti industri ekstraktif, industri pangan, tekstil, dan lain- lain) wajib memiliki legalitas menjamin eksistensinya tidak merusak alam maupun lingkungan. 

Beberapa Standar-Standar Yang Pengujiannya Bisa Diakomodir Oleh Laboratorium lingkungan Antara Lain:

  • Pelaporan AMDAL dan fungsi lainnya untuk pengawasan lingkungan

Pelaporan perusahaan untuk menyerahkan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Beberapa parameter pengujian yang dapat diberikan oleh laboratorium lingkungan yang terakreditasi tentu saja dapat membawa nama baik bagi perusahaan yang meminta hasil uji lab dari laboratorium tersebut. Laboratorium lingkungan juga memiliki peran sebagai perangkat pengawasan lingkungan. Agar dapat mengetahui apakah produk atau jasa yang diberikan oleh satu  perusahaan tidak mengakibatkan masalah lingkungan atau memberikan dampak buruk bagi lingkungan, maka perlu dilakukan pengujian. Bentuk pengujian tersebut dapat berupa sampel. Hasil tes pengujian tersebut diterima sebagai bentuk laporan. Sehingga dapat dijadikan sebagai suatu kajian

  • Memberikan hasil uji produk dan lingkungan bagi pengusaha 

Bagi pengusaha, laboratorium lingkungan tentu saja memberikan banyak  benefit. Selain untuk memenuhi persyaratan pelaporan AMDAL, UKL/UPL, RKL/RPL laboratorium lingkungan yang telah terakreditasi juga bisa memberikan hasil sampel yang dapat dijadikan kajian bagi perusahaan tersebut. Oleh karena alasan – alasan tersebut maka sangatlah penting bagi suatu laboratorium untuk terakreditasi, mengingat kebutuhan industri saat ini jelas mengutamakan kualitas mutu dan semakin meningkatnya tuntutan akan kelestarian lingkungan. 

Terdapat berbagai cara bagi laboratorium lingkungan untuk meningkatkan kredibilitasnya terutama untuk keperluan industri saat ini. Salah satunya, adalah dengan menerapkan sistem integrasi  dalam manajemen pengelolaan laboratorium lingkungan. Seperti menggunakan perangkat lunak yang dapat mendukung pengoperasian otomatisasi sistem di dalam laboratorium. Selain itu, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di dalam laboratorium, analis dan pekerja laboratorium lingkungan perlu didukung untuk mengikuti berbagai sertifikasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya, keuntungan memiliki sumber daya manusia yang baik tentu saja tidak hanya menjadi hal positif bagi laboratorium independen, akan tetapi juga bagi pihak – pihak atau rekanan yang memiliki relasi dengan laboratorium tersebut.

Semoga artikel ini mampu memberi inspirasi bagi para labmate sekalian.

Salam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*