Transformasi Digital Laboratorium Uji Lingkungan

Kerusakan lingkungan yang semakin menurun telah mengancam kelangsung makhluk hidup dan ekosisitem manusia di dalamnya. Laboratorium lingkungan yang dalam hal ini berperan sebagai kendali bagi pencemaran lingkungan dituntuntut untuk menghasilkan data hasil uji yang akurat dan cepat untuk memberikan keoutusan terhadap kebijakan lingkungan yang sesuai.

Di sisi lain, dunia saat ini telah mengalami perubahan era menuju industri 4.0 dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang, telah mengubah bentuk kebiasaan dan gaya bekerja yang konvensional dan menjadi digital. Maka dari itu, berbagai bisnis dituntut untuk mampu beradaptasi dan mampu bertransformasi secara digital termasuk bagi labortaorium uji, khususnya laboratorium lingkungan untuk mampu meningkatkan mutu hasil uji serta pelayanannya.

Transformasi Digital

Transformasi digital adalah perubahan gaya bekerja dan operasional bisnis dengan lebiih terintegrasi dan sistematis sehingga dengan pendekatan digital sebagai  strategi baru dalam meningkatkan pelayanan dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Berkenaan dengan situasi tersebut, maka dinamika kerja laboratorium lingkungan turut terdampak sehingga perubahan gaya kerja mulai pengambilan sampel, analisis dan pelaporan hasil pengujian harus secara digital serta laboratorium lingkungan melakukan transformasi digital. Namun demikian, hingga saat ini masih sedikit sekali laboratorium lingkungan yang menerapkan transformasi digital. Mereka yang menerapkan adalah laboratorium swasta internasional. Sedangkan, laboratorium lingkungan lainnya masih dalam tahap digitisasi, atau digitalisasi. 

Transformasi Digital Laboratorium Lingkungan

Transformasi digital laboratorium lingkungan merupakan semua aktivitas, proses dan model bisnis laboratorium lingkungan harus mampu bertahan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Semua aktifitas laboratorium lingkungan tersebut, mulai dari penawaran, kaji ulang permintaan, tender dan kontrak, perencanaan dan pengambilan sampel, analisis, verifikasi dan validasi data serta pelaporan hasil pengujian tidak lagi dicatat  dalam kertas kerja berupa worksheet atau log book, namun dilakukan secara aplikasi software yang lebih terintegrasi berupa Laboratory Information Management System (LIMS) yang memudahkan dalam proses akreditasi.

LIMS (Laboratory Information Management System)

LIMS atau sistem manajemen informasi laboratorium adalah solusi berbasis perangkat lunak dengan fitur yang mendukung operasional laboratorium modern. Dalam ISO/IEC 17025: 2017 butir 7.11.2 menyatakan bahwa sistem manajemen informasi laboratorium digunakan untuk pengumpulan, pengolahan, perekaman, pelaporan, penyimpanan atau pengambilan data. Sedangkan, butir 7.11.3.d) sistem manajemen informasi laboratorium harus dipelihara dengan cara yang menjamin integritas data dan informasi. Oleh karena itu, LIMS harus dikembangkan sejalan dengan ISO/IEC 17025 dan harus mampu menggambarkan setiap validitas data hasil pengujian, kertelusuran ke sistem satuan internasional serta penyertaan estimasi ketidakpastian dalam pelaporan hasilnya.

Tujuan LIMS

Tujuan LIMS adalah meningkatkan efisiensi, mengelola risiko, dan menemukan peluang bisnis baru serta meningkatkan strategi layanan pelanggan.

Proses ini tidak membutuhkan banyak interaksi manusia karena semua dilakukan secara digital oleh sistem aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam hal waktu dan biaya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan laboratorium lingkungan.

Manfaat LIMS

Adapun manfaat LIMS adalah kemudahan dalam melakukan transaksi yang dapat dilakukan secara singkat. Pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu hanya untuk datang ke laboratorium menanyakan data hasil pengujian. Cukup lihat portal customer yang terintegrasi dalam LIMS, maka pelanggan dapat memonitor ketertelusuran permintaan secara mandiri dan realtime.

Sedangkan bagi laboratorium lingkungan, dengan adanya LIMS ini seluruh aktifitas akan lebih efektif dan efisien, antar personel tidak lagi berinteraksi langsung, namun hanya melihat aplikasi karena setiap personel memiliki account dengan akses terhadap fungsi atau fitur aplikasi spesifik yang disesuaikan dengan tupoksi dari masing-masing peran. 

Selain itu, selama ini beberapa laboratorium melakukan pengujian secara manual ataupun paperwork yang berakibat banyaknya kertas yang digunakan untuk merekamnya. Hal ini memperbesar human error dan Turn Around Time (TAT) pengujian dan pelayanan laboratorium menjadi terlambat. Pelaporan hasil pengujian yang terlambat memberikan konsekuensi penurunan kredibilitas dan profesionalisme laboratorium. Dengan adanya LIMS, penyimpan dokumen kertas dalam lemari arsip berubah disimpan dalam server atau cloud. Kertas kerja yang digunakan oleh laboratorium lingkungan dapat merusak ekosistem lingkungan karena setiap 3.000 lembar kertas membutuhkan satu pohon, karena itu jangan cetak kertas kerja kecuali benar-benar membutuhkannya. Lihat dalam aplikasi software LIMS baik saat sampling, pengujian, verifikasi dan validasi data serta pelaporan bahka saat asesmen dari Komite Akreditasi Nasional.

GELIS, Solusi LIMS bagi Laboratorium Uji Lingkungan

Genius Laboratory Intelligence System (GELIS) merupakan LIMS yang dibangun secara digital. GELIS memberikan solusi transformasi data dan informasi yang disajikan secara terstruktur, konsisten, terintegrasi, efisien, dan transparan. GELIS dirancang oleh tenaga ahli di bidang ISO/IEC 17025: 2017 dan informasi teknologi yang berpengalaman. GELIS menyimpan seluruh data dan informasi laboratorium lingkungan dalam cloud atau server sehingga dapat terus diakses selama-lamanya setelah proses input terjadi. Fungsi GELIS adalah menginput, merekam, melacak mulai penawaran, pengambilan sampel di lapangan, penerimaan sampel di laboratorium, analisis, verifikasi dan validasi data hingga melaporkan hasil pengujian ke pelanggan.

GELIS dikembangkan sesuai dengan good environmental sampling practice sesuai PERMENAKER No. 381 Tahun 2020 dan good environmental laboratory practice berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017 serta laboratorium lingkungan mengacu PERMENKLHK No. 23 Tahun 2020. Namun dalam implementasinya, GELIS disesuaiakan dengan proses bisnis laboratorium melalui web based dan mobile untuk pengambilan sampel di lapangan. Dinamika proses bisnis dan tujuan berbagai laboratorium menjadikan pengembangan GELIS lebih adaptif. Hal ini ditujukan agar GELIS dapat relevan dengan berbagai tujuan dan kondisi dari setiap laboratorium lingkungan.

Kesimpulan

Dengan demikian, transformasi digital (irreversible change) laboratorium lingkungan sudah menjadi keniscayaan. Transformasi digital bagi sebuah bisnis khusunya dalam pelayanan laboratorium uji akan sulit tercapai apabila hanya mengandalkan teknologi semata, akan tetapi dalam prakteknya dibutuhkan perilaku, budaya kerja, dan pola pikir yang tepat bagi seluruh personel laboratorium serta SDM yang resisten dan berkeinginan untuk terus bertumbuh dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.

Konsultasikan Kebutuhan Sistem Informasi Laboratorium Anda Bersama GELIS

Bertransformasi dan Berintegrasi Secara Digital Bersama GELIS, untuk Kemajuan Laboratorium Anda

kontak : 08118057522

email : info@yucore.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*