Ketahui Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Dasar LIMS

Laboratorium merupakan sebuah tempat dimana riset, pengujian sampel dan pengolahan data hasil uji dilakukan. Sebagai perushaan yang menyediakan layanan pengujian sampel,  laboratorium haruslah mampu menyajikan data hasil uji yang valid dan akurat demi keamanan industri, lingkungan serta kesehatan masyarakat. Akan tetapi, untuk menghasilkan data hasil uji yang valid tentunya dibutuhkan sebuah sistem manajemen yang rapi dan terorganisir dalam mengelola berbagai dokumen dan data di Laboratorium.

Sistem Manajemen mutu ISO/IEC 17025 telah menjadi sistem yang berlaku secara internasional bagi laboratorium uji. Di dalamnya terdapat berbagai mekanisme dalam mengelola berbagai dokumen, prosedur dan rekamanan data agar lebih terorganisir, rapi dan efisien.

Perkembangan Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan dunia menuju industri 4.0, ISO 17025 pun terus mengalami perkembangan dengan fokus pada penggunaan teknologi informasi yang dapat mengelolan dokumen, rekaman dan laporan hasil secara elektronik maupun digital. Kenyataannya sistem laboratorium di Indonesia masih banyak yang bergerak secara konvensional, dengan penggunaan kertas sebagai media pencatatan yang manual dan usang tentunya sulit berkembang dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan industri global saat ini.

Lalu bagaimanakah mestinya Laboratorium mengubah cara bisnisnya agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi indstri 4.0 saat ini? Kita akan simak pada artikel ini.

Di beberapa dekade terakhir ini otomasi manajemen informasi telah menjadi trend bagi beberapa laboratorium baik di dalam maupun luar negeri.

Salah satunya dengan penggunaan sistem digitalisasi LIMS.

Pengertian LIMS

LIMS (Laboratory Information and Management System) adalah software manajemen sampel Laboratorium yang dapat mengintegrasi dan mengelola berbagai data dan informasi di Laboratorium secara digital.

LIMS dirancang untuk memenuhi kebutuhan laboratorium dalam mengelola sampel secara digital. Mulai dari akses data sample, integrasi instrumen, manajemen stok bahan kimia hingga otomasi proses pengujian dapat terintegrasi dengan databse terpusat. 

Bagaimana LIMS Bekerja?

Laboratorium memiliki workflow yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan dan bisnis proses masing-masing. Akan tetapi, tentunya kita semua mengenai alur proses laboratorium secara umum yang pada intinya terdiri dari 4 tahapan utama. 

Dalam hal ini fungsi LIMS membantu dalam mengintegrasikan serangkaian alur kerja laboratorium tersebut dengan berbagi fitur yang mampu melacak, menginput, merekam, dan melaporkan hasil data pengujian secara terstruktur dan konsisten.

3  Fitur Dasar dalam LIMS

LIMS otomatis dasar terdiri dari sebuah aplikasi yang mengakses database dari informasi laboratorium dan informasi sampel.

1. Sample Tracking

Laboratorium dengan permintaan sampel uji yang tinggi perlu memiliki pengelolaan sampel yang baik agar sampel tidak membludak dan hasil uji dapat dikeluarkan dengan rentan waktu yg telah disepakati sebelumnya. 

Fitur sample tracking pada LIMS yang dapat memudahkan personel lab serta customer dalam lacak keberadaan sampel, mengetahui progres pengujian sampel, serta memantau ketersediaan alat bahan dan sumber daya lainnya sehingga lead time pengujian dapat terukur dan terpantau dengan baik.

2. Sample Analysis

Fitur yang ini memudahkan analis dalam menginput data hasil uji, melakukan pengolahan data dan perhitungan secara otomatis melalui sistem tanpa membuat formula perhitungan secara manual melalui spreadsheet ataupun excel. 

3. Report Data

Menyajikan data hasil uji yang valid dan dapat dibuktikan secara teknis maupun hukum merupakan inti dari Laboratorium uji. 

Dengan LIMS report data dapat disajikan dengan sertifikat hasil uji yang orisinal, dengan tingkat ketertelusuran dokumen yang tinggi. 

Dokumen tidak dapat dipalsukan maupun dimanipulasi sehingga dapat membuktikan kredibilitas laboratorium dalam menghasilkan data hasil uji.

GELIS (Genius Lab Intelligence System) adalah sebuah LIMS yang dikembangkan oleh PT Yucore Integrasi Indonesia. GELIS telah dikembangkan sejak 2017 untuk melayani laboratorium di Indonesia. 

GELIS mampu mengintegrasikan proses kerja di laboratorium uji dari penerimaan sampel, perencanaan sampling, proses pengujian hingga penerbitan laporan hasil pengujian dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

Konsultasikan kebutuhan sistem informasi di laboratorium anda dengan GELIS

Demo gratis aplikasi GELIS melalui www.gelis.co.id

Hubungi kontak :

email : info@yucore.co.id

whatsapp : +62 811-1116-403

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*