Sejarah dan Perkembangan Software

Halo, Labmate

Software atau perangkat lunak, dalam ilmu komputer disebut sebagai data yang dapat disimpan secara elektronik. Software merupakan sebuah perangkat program yang sangat dibutuhkan pada perangkat elektronik, seperti laptop atau komputer, smartphone dan lain sebagainya. 

Software merupakan sebuah paket dalam program yang tidak dapat disentuh secara fisik namun keberadaannya dapat digunakan untuk menjalankan beragam perangkat yang berbasis komputer. Selama awal tiga dekade dari era komputerisasi, tantangan utamanya adalah mengembangkan perangkat keras (hardware) komputer yang dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Selama dekade 1980 an, perkembangan yang pesat dari mikroelektronik melahirkan kemampuan komputer yang lebih baik pada level biaya yang lebih rendah.  

Sejarah Software dan Perkembangan Software

Perkembangan software sudah dimulai bahkan sejak terciptanya komputer elektronik. Software pertama kali digagas pada pertengahan tahun 1800 an oleh Charles Babbage. Kata ‘Software’ diciptakan pada tahun 1958 oleh ahli matematika dan statistik yang bernama John Tukey. Namun teori software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esai yang bertajuk “Nomor Komputasi Dengan Aplikasi Ke Masalah Entscheidung”.

Alan Turing merupakan seorang matematikawan yang menjadi pencetus bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Di tahun 1930, Alan Turing juga menjadi penemu dari mesin Turing, yaitu sebuah alat yang dapat menjalankan serangkaian perintah program.

Sejarah dan perkembangan software terbagi dalam empat era

  • Era Pionir – Punched Card

Awal mula software tercipta tidak lebih dari suatu rangkaian atau sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer. Identitas utama dari software pada waktu itu dibuat menyatu dengan perangkat keras (hardware).  Proses yang dilakukan adalah sebuah instruksi yang dilakukan secara berurutan. Komputer diakses dengan memakai Punched Card. Punched Card yang dirilis oleh perusahaan komputer IBM memiliki bentuk seperti kartu dengan berbahan kertas kaku yang dilubangi dan berisikan perintah untuk mengendalikan mesin secara otomatis.

  • Era Stabil – Sistem Database

Pada era ini, software telah menjadi sebuah produk dan dapat menjalankan proses secara bersamaan sehingga lebih memudahkan dalam melakukan pekerjaan. Software telah mengenal sistem basis data atau database yaitu sistem yang memisahkan antara data dan program. Sistem mampu menyelesaikan perintah secara real time dan dapat diakses oleh banyak pengguna (multi user).

  • Era Mikro – Software Sistem, Software Aplikasi dan Bahasa Pemrograman

Pada era ini, software komputer terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Software Sistem

Mempunyai fungsi untuk mengontrol dan mengatur hardware serta operasi dasar sistem. Contoh software sistem antara lain, Windows, Linux dan Macintosh.

  1. Software Aplikasi

Software yang melakukan tugas tertentu seperti penyunting dokumen, data, gambar, presentasi, dan lainnya. Contoh software  aplikasi antara lain, Microsoft Office, Gelis, Photoshop, Corel Draw, dan lain sebagainya.

  1. Bahasa Pemrograman (Coding)

Berisi instruksi atau command untuk memberikan perintah pada tiap perangkat. Contoh bahasa pemrograman antara lain, PHP, JavaScript, Visual Basic, Python, dll.

  • Era Modern – Symbian, Android dan iOS

Pada era mutakhir, kini software tidak hanya terdapat pada perangkat seperti PC ataupun laptop, akan tetapi keberadaan serta fungsinya dapat diterapkan pada ponsel ataupun smartphone yang kita gunakan sekarang ini.

Demikian kilas sejarah serta perkembangan software selama tiga dekade pertama dari era komputerisasi. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi Labmate sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*